sayuran yang tidak boleh dipanaskan
sayuran yang tidak boleh dipanaskan

Bunda, pernah mendapat pertanyaan makanan apa yang tidak boleh dipanaskan? jawaban bunda pasti akan mengarah pada sayur hijau yang satu ini,  Iya, jawabannya tentu bayam. Tetapi tahukah bunda, bukan sekedar bayam saja yang tidak boleh dipanaskan. Selain menghilangkan nutrisi di dalam makanan itu, juga bisa menjadi racun dalam tubuh kita. berikut adalah jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan :

Bayam

Sayur yang satu ini tentu tak asing lagi. Bayam memanglah tak boleh dipanaskan berkali kali lantaran oksidasi yang berlangsung pada bayam bakal begitu membahayakn badan.

Kentang

Kentang juga nyaris sama juga dengan bayam. Kandungan nutrisi pada kentang bakal menghilang bila kentang dipanaskan kembali. Diluar itu, proses pemanasan berlangsung berulang lagi resiko oksidasi akan berlangsung. Kondisi ini malah bakal begitu beresiko lantaran kentang tersebut bakal beralih jadi beracun.

Jamur

Bila bunda telah terlanjur memasak masakan jamur dalam porsi yang cukup besar, akan lebih baik bunda dan keluarga mengkonsumsinya dalam kondisi dingin daripada memanaskan masakan jamur tersebut.Karena bila bunda menghangatkan jamur yang ada protein dalam jamur bakal menghilang, bahkan juga lebih jelek lagi bakal mengakibatkan permasalahan pencernaan seperti diare atau perut merasa begah.

Ayam

makanan yg tidak boleh dipanaskan lainnya adalah ayam. Ayamnyaris sama juga dengan jamur. Bila ayam dipanasi secara berulang ulangbakal menyebabkan pergantian komposisi proteinnya. jka bunda menginginkan menghangatkan ayam kembali, Lakukanlah dengan cara memanaskannya dengan api kecil serta dalam waktuyang relatif cukup singkat. Dengan cara itu bisa meminimalisir rusaknya zat gizi yang ada pada daging ayam.

Telur

Telur bakal begitu membahayakan bila dipanaskan dengan cara berulang. Telur yang dimasak dalam kondisi bulat utuh akan jauh lebihberesiko lagi bila dipanaskan lantaran mungkin saja membuat telur jadi beracun.

Seledri

Seperti halnya bayam, seledri sangat tidak baik bila dipanaskan dengan cara berulang lagi. Seledri memiliki kandungan nitrat tersebut bila dipanaskan bakal beralih jadi asam nitrat. Zat Asam nitrat inilah yang cukup beresiko menjadi penyebab tumbuhnya kanker serta masalah uptake oksigen oleh hemoglobin.

Gorengan

Gorengan baiknya tak dipanaskan. Mengapa? Karena, bila bunda memanaskan kembali gorengan yang telah dingin, minyak bakal bertumpuk tumpuk digorengan, hal tersebut dapat meningkatkan kolestrol

Santan

Memberikan santan pada sayur kita memanglah gurih. Tetapi tahukah bunda, menghangatkan santan berulang itu tidak baik. Waktu proses pemanasan berlangsung berulang – ulang, lemak yang ada pada santan bakal beralih jadi lemak jahat yang beresiko menyebabkan kolesterol.

Ubi

Ubi memiliki kandungan nitrat seperti seledri dan bayam. Bila terus-terusan dipanaskan, kandungan nitrat tersebut bakal begitu beresiko untuk badan. Baiknya selekasnya konsumsi ubi yang sudah dimasak supaya manfaat yang diperoleh lebih optimal.

Brokoli

Brokoli memiliki kandungan vitamin A serta C yang begitu baik untuk badan. Tetapi brokoli ini memiliki karakter yang serupa dengan bayam. Brokoli juga memiliki kandungan nitrat seperti bayam. Nitrat ini bakal beralih jadi asam nitrat yang menyebabkan tumbuhnya sel karsinogenik bila dipanaskan dengan cara berulang lagi yang menjadi penyebab kanker. Lebih baik langsung konsumsi masakan dari brokoli agar gizinya masih banyak. Memasak brokoli dengan cara direbus akan lebih baik.

Nah, itu tadi adalah jenis masakan yang tidak boleh dipanaskan. Jangan lantaran mubazir atau ingin irit lantas bunda mengabaikan kesehatan bunda dan keluarga,, Salam Sehat.

10 Jenis makanan yang tidak boleh dipanaskan berulang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Konsultasi/ order / reseller WA/ TELP 082220443332Download