3 Efek Buruk Tanah Yang Asam dan Cara Mengatasinya

tanah asam

Untuk anda yang telah lama menekuni usaha pertanian mungkin saja telah tak asing lagi dengan arti tanah asam (pH7) atau tanah kecut (dalam bhs Jawa). Mungkin Tidak sedikit juga dari anda yang pernah di buat pusing 7 keliling tentang tanah asam ini.

Sedikit narasi, dulunya tanah asam nampak pada tempat yang baru di buka seperti tempat gambut dan pada tempat yang irigasinya tak lancar. Tetapi saat ini, tanah asam nampak pada tempat yang memakai pupuk kimia (anorganik) dengan cara terus-menerus.

Saat ini pertanyaanya, kenapa tanah asam jadi satu diantara permasalahan serta harus dijauhi? Ya, lantaran nyaris semuanya tanaman memerlukan kandungan keasaman tanah yang normal (pH=7). Persoalan seperti tanaman yang tidak tumbuh normal, yaitu satu diantara efek yang disebabkan tanah asam tadi.

Lantas apa sajakah 3 kejelekan dari tanah asam ini? Di bawah ini penjelasannya :

1. Mengikat unsur-unsur yang diperlukan oleh tanaman seperti kalsium (Ca), Molibden (Mo) ,Magnesium (Mg),serta fosfor (P).

Bila telah seperti ini jadi aplikasi pemupukan yang anda pakai bakal percuma. Mengapa? Lantaran alih-alih unsur itu terserap oleh akar tanaman, malah terikat kuat pada tanah asam. Jadi pupuk yang mahalpun tidak akan memberikan efek apa – apa.

2. Kebalikan dari nomor 1, tanah asam malah mengakibatkan kelarutan Aluminium (Al), Mangan (Mn) serta Besi (Fe) tinggi.

Nah, walau sebenarnya waktu kelarutan Al ini tinggi, tanaman bakal teracuni. Bagaimana kita ketahui tanaman kita keracunan Aluminium? Biasanya pada akar bakal memperlihatkan kelainan, pendek-pendek. pada pinggir daunnya bewarna coklat pucat.

3. Akibat selanjutnya akibat, tanah asam mengakibatkan perkembangan tanaman selanjutnya jadi terganggu (tanamanmengalami defisiensi fosfor serta keracunan aluminium/besi).

Akar serta daun bakal memperlihatkan dampak keracunan seperti pada nomor 2 diatas. Serta pemupukan yang telah anda lakukan menjadi percuma Pada akhirnya mengakibatkan boros biaya pupuk ataupun ongkos tenaga.

Nah melihat efek buruk yang ditimbulkan oleh tanah yang asam tersebut, ada beberap hal yang bisa dilakukan untuk mengatasinya,Apa sajakah langkah menangani tanah asam?

a. Lakukan pengecekan pH tanah

Aktivitas pengecekan pH tanah dapat dikerjakan dengan kertas lakmus. Memakai Kertas lakmus yaitu langkah yang simpel untuk mengukur nilai pH tanah. Tetapi kekurangannya ada pada tingkat akurasinya.

Tetapi bila anda menginginkan lebih akurat serta lebih terjamin pastinya anda dapat memakai pH tester/soil tester. Sekarang ini ph tester di market memiliki bentuk telah bermacam. Langkah pemakaiaanya juga begitu simpel yakni cukup ditancapkan ke tanah serta nanti jarum itu bakal tunjukkan berapa nilai pH tanah itu. Cukup gampang, bukan?

b. Lakukan pengapuran

Aktivitas pengapuran mempunyai tujuan untuk tingkatkan nilai pH tanah dari pH asam jadi normal. Contoh dari pH 4 jadi 7. Kapur yang dipakai untuk biasanya berbentuk Kalsit/kalsium karbonat (CaCO3) serta Dolomit (CaMg (CO3) 2). Dapat anda peroleh di toko material paling dekat

Nah itu tadi efek yang ditimbulkan dari tanah yang asam dan cara mengatasinya, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Konsultasi/ order / reseller WA/ TELP 082220443332Download