kekerasan terhadap anak

Menangani anak yang bandel, lantas memukul bukan langkah yang pas. Hal semacam ini bakal memberi dampak yang negatif pada perubahan mental anak. Sebagian orang tua masihlah ada yang menghukum anaknya dengan kekerasan seperti memukul. Namun dokter anak mengungkap kalau hukuman seperti itutak dibenarkan.

Dokter anak dari Royal College of Paediatrics memperingatkan orang tua mesti dilarang memukul anaknya, lantaran bila hari ini memukul maka keesokan hari berisiko akan memakai kekerasan yang lebih kronis lagi.

Beberapa pakar mengungkap hukuman yang setara dengan serangan fisik adalah  tingkah laku buruk yang begitu tak efektif, lantaran kekerasan yang dikerjakan malah dapat memperparah tingkah laku buruk pada anak.

“Orangtua semestinya mengambil pendekatan yang positif serta mengambil keputusan batasan yang kuat untuk anak-anaknya, ” tutur Prof Terence Stephenson, presiden dari Royal College of Paediatrics.

Prof Stephenson memperingatkan orang tua kalau memukul memanglah pilihan yang gampang, namun langkah tersebut begitu tak dibenarkan. Anak-anak mesti diberikan perlindungan yang sama dengan orang dewasa pada serangan fisik, karena itu hukuman memukul tak perlu dikerjakan.

“Sebagai dokter anak begitu sedih melihat seringnya terjadi kekerasan jadi hukuman untuk anak-anak. Orang tua dapat memakai hukuman yang lebih masuk akal untuk mendisiplinkan anak-anaknya. Uraian baru melarang tiap-tiap hukuman yang mengakibatkan kemerahan di kulit, ” tutur Prof Stephenson.

Peneliti memprediksi sekitaran 100 anak setiap tahunnya yang cacat fisik akibat luka – luka  bahkan meninggal karena kekerasan atas perilaku yang dilakukannya.

Dalam Children’s Act 2004 ada beberapa batasan yang diperjelas untuk orang tua bila menginginkan memukul anaknya, yakni tak boleh memukul dengan keras, tak boleh menimbulkan bekas atau luka, dan tak boleh mengakibatkan permasalahan kesehatan mental dalam periode waktu panjang.

Orang-tua tak boleh memukul anak di daerah muka atau mungkin dengan memakai alat, lantaran dapat meningkatkan beberapa masalah perilaku atau mental. Langkah mendidik baiknya memberi tepukan enteng bila anak lakukan kekeliruan yang juga diiringi dengan kalimat positif supaya anak sadar akan kesalahannya.

Anak Adalah Anugerah, Jangan Biasakan Memukulnya

Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Konsultasi/ order / reseller WA/ TELP 082220443332Download