Bahaya Madu untuk Bayi di bawah 1 Tahun

bahaya madu

Moms, pernahkah ingin memberikan madu pada buah hati kita yang masih berusia dibawah 1 tahun? atau malah sudah pernah memberikannya pada buah hati kita? kita sebagai bunda harus pintar dalam memilih makanan yang akan kita berikan ke buah hati kita ya moms. Karena bisa jadi apa yang kita kira bagus untuknya justru malah membahayakan buah hati kita. contohnya saja madu.

Madu merupakan makanan yang kaya akan nutrisi di dalamnya. Madu memiliki rasa yang manis yang disukai banyak orang. Walaupun madu memiliki rasa yang manis, ada baiknya madu tidak diberikan pada bayi dibawah usia satu tahun. Kenapa?

Dilangsir dari lama alodokter.com, Meskipun madu memili kandungan nutrisi yang banyak dan bermanfaat untuk kesehatan, di dalam madu terdapat bakteri Clostridium bolutinum. Bakteri ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan bayi diusia satu tahun.

Para ahli mengungkapkan, bayi dengan usia di bawah 1 tahun memiliki usus yang kuat untuk melawan bakteri tersebut. Jadi sangat mungkin bayi mengalami keracunan jika mengonsumsi madu.

Selain mengalami keracunan , hal lain yang dapat terjadi pada bagi adalah bolutisme, kondisi dimana bayi akan rentan terhadap penyakit berbahaya seperti halnya otot tubuh lemah, sistem syaraf yang terganggu, gangguan pernafasan, hilangnya nafsu makan bahkan bayi juga dapat kehilangan nyawa.

Selain hal yang menakutkan yang akan terjadi pada bayi, dikhawatirkan madu dapat merusak kesehatan gigi bayi. Rasa madu yang manis jika diberikan kepada bayi terus – menerus akan dikhawatirkan membuat bayi menjadi ketagihan makanan manis. Tentunya hal ini dapat menganggu kesehatan bayi. Bayi akan beresiko mengami obesitas saat bayi terbiasa mengonsumsi makanan manis.

Makanan yang bagus diberikan untuk bayi di bawah 1 tahun adalah buah – buahan segar, nasi, sayur – sayuran yang dihaluskan, buah kering, asi, susu formula, daging dan ikan tanpa lemak, yogurt tawar dan sejenisnya.  Bayi dapat diberikan madu pada usia diatas 1 tahun, itupun tidak boleh terlalu banyak.

Semoga bermanfaat ya moms, semoga buah hati kita selalu sehat dan tumbuh sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Konsultasi/ order / reseller WA/ TELP 082220443332Download