penyakit layu

Penyakit tanaman dapat disebabkan oleh bakteri, jamur serta virus. Tanda-tanda serangan jamur serta bakteri paling gampang dilihat dengan cara kasat mata dibanding tanda-tanda yang diakibatkan oleh virus.

Virus memiliki ukuran begitu kecil dengan tanda-tanda serangan kerapkali mirip tanda-tanda masalah fisiologis seperti kekurangan atau keunggulan satu diantara unsur hara. Hingga untuk meyakinkan serangan membutuhkan cara khusus, terlebih perangkat mikroskopis khusus untuk melihat virusnya.

Untuk meyakinkan serangan disebabkan oleh jamur serta bakteri masihlah dapat dikerjakan dengan cara simpel dengan melihat tanda-tanda serangan. Meyakinkan type serangan begitu penting untuk memastikan langkah pengendalian yang pas.

Umpamanya, seperti masalah layu mendadak pada tomat, terong,cabai, melon, tanaman yang awalannya sehat serta normal mendadak layu serta jadi kering. Penyakit layu itu mungkin dikarenakan oleh layu jamur (Fusarium oxysporum) atau layu bakteri (Pseudomonas solanacearum)

Bila pemicunya adalah jamur, jadi obatnya yaitu obat fusarium bukanlah obat bakteri, serta sama saja demikian sebaliknya. Lantaran bila salah, bakal mengakibatkan obat terbuang sia-sia, penyakit tetaplah menebar serta menghancurkan.
Langkah membedakan serangan layu yang dikarenakan oleh Bakteri serta Jamur yaitu seperti berikut :

Bakteri : Tanaman dicabut, akarnya dipotong. Bila penyakit dikarenakan bakteri jadi pada potongan tampak berlendir serta berbau. Sedang bila akar di celupkan ke air, bakal tampak seperti asap didalam air. Serangan layu bakteri amat cepat, bahkan juga dapat kurang dari 3 hari menginfeksi. Tanaman tampak layu baik siang serta malam hari.

Jamur : Bila akar dipotong, tak berlendir serta berbau. Sedang bila di celupkan ke air tak tampak asap.Serangan jamur lebih lama menginfeksi dibanding serangan bakteri, tanaman akan tampak layu pada siang hari, tetapi akan tampak fresh di sore hari.

Cara Sederhana Membedakan Penyebab penyakit layu Pada Tanaman Cabai

Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Konsultasi/ order / reseller WA/ TELP 082220443332Download