cara mudah membuat perangkap hama padi

Pada kesempatan kali ini kitabakal mnulis artikel Cara Mudah Membuat Perangkat Hama Padi. Ini rupakan aksi preventif atau mencegah sebelumnya hama menyerang tanaman kita. Aksi preventif termasuk teknik pengendalian hama serta ini adalah pengendalian yang paling utama lantaran tidak hanya irit biaya dan tenaga juga dapatmenghindari terjadinya rusaknya tanaman.

Seperti kita kenali kalau hama tanaman padi sangat komplek atau beragam, dari mulai wereng, hama pelipat daun, putih palsu, penggrek batang (sundep, beluk), ganjur, ulat grayak serta lain sebagainya. Hama-hama itu mempunyai cara hidup yang tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Serta baiknya kita pelajari langkah hidup beragam hama itu, supaya kita dapat mengatur hama-hama tanaman padi itu.

Alat perangkap yang bakal kita buat ini yaitu alat untuk menjebak imago atau vase dewasa (kupu-kupu) dari serangga hama tanaman padi. Pada intinya serangga dewasa bakal tertarik dengan bau yang anyir serta menyengat. Mereka bakal mencari sumber bau itu. Itulah rencana dasar langkah kerja perangkap hama tanaman padi.

Alat serta Bahan :

-2 buah botol air mineral yang paket 1, 5 liter
-Ajir dari bambu atau kayu
-Gunting atau pisau
-Tali rafia
-Keong atau kepiting sawah

Langkah bikin :

1. Potong pangkal botol air mineral tersebut
2. Potong juga ujung botol namun janganlah sangat keatas, hingga didapat dua buah tabung dari botol air mineral tersebut
3. Hubungkan ke-2 tabung botol air mineral itu, lewat cara memasukkan satu diantara tabung ke tabung yang lain.
4. Masukan keong atau kepiting sawah yang telah dicincang atau diremuk kedalam alat perangkap itu.
5. Masukan kembali potongan ujung botol dengan posisi terbalik
6. Ikat alat perangkap hama tanaman padi itu pada suatu ajir
8. Tancapkan ajir di petakan sawah. Tinggi ajir baiknya sekitaran 150 cm serta ditancapkan sedalam 30 cm
9. Dalam satu petakan sawah gunakan lebih dari satu alat perangkap… gunakan seputar petakan itu dengan jarak sekitaran 5 m satu alat. Hingga waktu ada imago hama padi yang mendekat ingin menempatkan telor bakal tertarik mendekati perangkap itu serta masuk kedalamnya.

Demikianlah langkah bikin alat perangkap hama tanaman padi. Gampang serta praktis dan murah lantaran cuma memakai beberapa bahan limbah. Rangkaian alat itu tidaklah baku, bisa dimodifikasi berdasarkan ketersediaan bahan serta kreativitas beberapa petani.

Cara Mudah Membuat Perangkap Hama Padi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Konsultasi/ order / reseller WA/ TELP 082220443332Download