Daging Bergelembung Terinfeksi Bakteri TBC, Fakta atau Hoak?

daging mengandung bakteri TBC

Beberapa hari yang lalu santer berita viral tentang daging hewan yang bergelembung atau berbintik putih yang memandakan adanya penyakit TBC dalam, sehingga kita harus berhati – hati jika kelak menerima hewan kurban yang mempunyai ciri – ciri seperti diatas, ada baiknya kita tidak mengonsumsinya.  Benarkah demikian? Berikut ini ada penjelasan dari dokter ahli tentang hal tersebut :

 

Pakar kesehatan menyebutkan jika kemungkinan tanda gelembung putih pada daging hewan merupakan tanda adanya infeksi tuberkulosis (TBC). Akan tetapi, perlu penelitian lanjut di laboratorium agar dapat memastikan benar – benar terinfeksi atau tidak.

Ade, Calon dokter hewan dari Universitas Brawijaya pemilik akun di twitter @marganiade menyebutkan bahwa gambar itu menandakan daging tersebut terinfeksi oleh caci pita, ade menyebutkan bahwa daging tersebut masih bisa dikonsumsi asalkan dimasak sampai benar – benar matang.

Setelah diusut, gambar tersebut ternyata merupakan gambar yang berasal dari situs milik pemerintah bagian Michigan, Amerika Serikat, yang menjelaskan adanya infeksi TBC pada hewan rusa ekor putih.

Di Michigan beberapa tahun terakhir ini memang mengalami masalah pada TBC di hewan dan cenderung semakin meningkat, pemerintah Michigan memperingatkan pada para pemburu agar tidak sembarangan menguliti hewan hasil buruannya, karena dikhawatirkan gelembung di daging tersebut akan rusak/ pecah, jika sampai terhirup gelembung tersebut maka akan berisiko menghirup bakteri berbahaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Konsultasi/ order / reseller WA/ TELP 082220443332Download