Efek Buruk Menggunakan Sepatu Sempit untuk Kesehatan Kaki

kesehatan kaki

Waktu beli sepatu, terutama secara online, kerapkali terjadi masalah dimana nyatanya ukurannya tidak cocok dengan kata lain kesempitan. Bila demikian, baiknya Anda tidak perlu memaksakan diri tetaplah menggunakannya ya. karen menggunakan sepatu sempit bisa mengganggu kesehatan kaki.

Seperti yangdi sampaikan oleh Ryan Minara dari The Center for Podiatric Care and Sports Medicine, New York, kalau permasalahan pada kesehatan kaki umumnya memanglah di pengaruhi oleh aspek genetik, tetapi salah pilih sepatu juga tidak kalah berpengaruh.

” Sepatu ketat kerap menyebabkan munculnya permasalahan seperti kapalan, kuku tumbuh tidak sempurna, sampai infeksi jamur. Dianjurkan untuk menggunakan sepatu dengan jenis yang longgar serta tidaklah terlalu menghimpit kaki, ” tambah Minara.
Berikut ini beberapa dampak penggunaan sepatu sempit dalam periode panjang, seperti dirangkum dari Times of India :

Bunion

Satu diantara dampak yang dapat nampak akibat penggunaan sepatu sempit yaitu bunion. Bunion adalah keadaan dimana berlangsung kelainan bentuk pada jempol kaki. Akibat penggunaan sepatu sempit, jempol kaki jadi terdorong ke depan serta ke samping menuju jari kaki yang lain. Walau berkesan remeh, keadaan ini bisa mengakibatkan nyeri hebat, terlebih lantaran bunion terdapat pada sendi kaki.

Kebanyakan kasus bunion muncul karenaaspek genetik. Tetapi American Academy of Orthopaedic Surgeons mengatakan kalau bunion juga sangat mungkin berlangsung akibat rutinitas menggunakan sepatu yang sangat ketat.

Kapalan

Waktu Anda menggunakan flat shoes dengan ukuran tidak cocok serta tanpa ada bantalan alas yang empuk, umumnya sisi telapak kaki Anda bakal jadi rawan mengalami kapalan. Ini adalah jaringan lunak yang terbentuk diantara jari kaki sebagai akibatnya karena gesekan serta tekanan dari sepatu sempit. Untuk menghindar terjadinya kapalan, Anda dapat ganti sepatu dengan ukuran yang lebih longgar serta memberi alas pada sepatu untuk kurangi desakan.

Infeksi jamur

Lantaran sepatu sempit bikin aliran hawa di ruang kaki jadi minim, kaki juga jadi lembab akibat tumpukan keringat. Keadaan ini dapat menyebabkan terjadinya infeksi jamur, terlebih bila Anda bekerja ditempat yang bersuhu panas serta mengharuskan Anda menggunakan sepatu sepanjang hari penuh.

Kuku tidak tumbuh sempurna

Saat kuku telah dipotong pendek tetapi tak ada cukup ruangan untuk tumbuh akibat rutinitas menggunakan sepatu yang sempit, jadi kuku dapat berbalik kedalam serta mulai berkembang kedalam jaringan kaki. Tekanan konstan ini juga punya potensi menyebabkan peradangan serta nyeri yang begitu hebat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Konsultasi/ order / reseller WA/ TELP 082220443332Download