alasan kenapa tanaman tidak mau berbuah
Menanam tanaman buah di pekarangan tempat tinggal memanglah mengasyikkan, selain menjadi sekitaran rumah menjadi lebih sejuk kita juga dapat memanen buahnya lebih lebih kalau buahnya kita dapat menjual buahnya. Tetapi apa yang terjadi bila tanaman mogok berbuah? Sudah pasti hasil yang kita harap-harapkan tidak akan tercapai.

Nah, sebelumnya mencari tahu penyebabnya tanaman susah berbuah sebaiknya kita kenali kriteria yang perlu dipenuhi satu tanaman supaya bisa berbuah sesuai yang kita inginkan.

Syarat Sebuah Tanaman Supaya Cepat Berbuah
1. Karakter tanaman mesti telah kita kenal benar, apakah bibit yang kita tanam memanglah adalah bibit tanaman unggul yang dapat berbunga. Artinya, bibit tanaman itu bukanlah merupakan bibit dari tanaman mandul.

2. Makro-klimat dari tanaman tercukupi. Artinya, lingkungan tempat sebagai tumbuh tanaman mesti terpenuhiprasyarat, baik iklim, unsur hara,tinggi tempat, curah hujan, ataupun cahaya matahari. Unsur hara yang paling berperanan dalam sistem pembungaan yaitu unsur P (phosfor), oleh karenanya unsur ini mesti benar-benar ada.

3. Mikro-klimat dari tanaman tercukupi. Lingkungan di sekitaran tanaman sehat serta terpenuhi prasyarat hidup tanaman. Yang termasuk juga mikro-klimat diantaranya kondisi kebun, kondisi air tanah, kelembaban udara, suhu, serta terlindungnya tanaman dari hama serta penyakit.
4. Kondisi tanaman mesti sehat serta bebas dari serangan hama serta penyakit.

Sesudah kita meyakini benar kalau tanaman buah-buahan kita sudah terpenuhi kriteria diatas, jadi kita dapat selekasnya melaksanakan beragam hal untuk mempercepat terjadinya pembuahan. Umpamanya dengan melaksanakan pemangkasan, pelukaan batang, pemberian hormon,pengairan, dsb. Sudah pasti bibit yang kita tanam juga mesti adalah bibit hasil perbanyakan dengan cara vegetatif (seperti : cangkokan, okulasi, stek dan lain-lain).

Kegagalan Tanaman untuk Berbuah

Jika nyatanya tanaman yang kita punyai belum juga berbuah, pasti ada penyebabnya lain diluar kriteria itu. Terdapat banyak peluang yang mengakibatkan tanaman mogok atau berbuah, yakni :

1. Tanaman memanglah belum meraih batas usia untuk berbuah. Batas usia untuk berbuah ini tergantung pada type tanaman tersebut.

2. Pemupukan dengan pupuk N (nitrogen) terlalu berlebih, hingga tanaman masihlah tumbuh sangat lebat serta sangat rimbun. Tanaman kurang memperoleh sinar matahari hingga sistem fotosintesis kurang membuahkan karbohidrat, mengakibatkan penimpunan karbohidrat juga tak maksimum hingga bunga yang terbentuk sedikit atau bahkan juga tak ada.

3. Tanaman yang kita punyai adalah type pohon yang bunganya cuma dapat jadi buah jika ada pohon berbunga jantan yang tumbuh di dekatnya (umpamanya pohon wuni, rukem, dsb).

4. Tanaman yang kita punyai adalah type pohon yang berbuah apabila bunganya memperoleh sari bunga dari pohon yang semacam, umpamanya sebagian type pohon alpukat.

5. Tanaman jadi mandul lantaran terjadinya mutasi gen.

6. Masaknya bunga jantan serta bunga betina tak berbarengan waktunya. Mengakibatkan, sebelumnya berlangsung pembuahan satu diantara bunga sudah gugur. Umpamanya pada pohon kelapa.

7. Jika tanaman buah-buahan kita sudah berbunga lebat, namun selanjutnya buah yang dinantikan tidak juga kunjung nampak, ini bisa dikarenakan oleh gugurnya bunga
lantaran :
– kurangnya air dalam tanah,
– kurangnya nitrogen didalam tanah,
– Adanya serangan hama serta penyakit,
– batang bawah bibit hasil okulasi yang kurang baik,
– hujan yang sangat deras, angin yang sangat kencang, kemarau panjang, dsb,
– penyemprotan pupuk daun serta power nutrition yg tidak pas waktunya. Dalam soal ini yaitu penyemprotan yang dikerjakan ketika tanaman tengah berbunga. Jadi baiknya penyemprotan tak dikerjakan ketika tanaman tengah berbunga. Pemberian Power Nutrition ketika bunga belum nampak minimum 2 bln. sebelumnya tanaman berbunga.

Usaha Penanggulangan
Apabila Ternyata tanaman yang kita punyai tak terpenuhi prasyarat tanaman supaya membuahkan buah, baiknya kita selekasnya lakukan usaha-usaha untuk menangani beberapa hal sebagai penyebabnya tanaman ngadat, tidak ingin berbuah. Umpamanya, tanaman buah-buahan yang sudah kita tanam itu tidak cocok dengan lingkungannya, iklim tak pas, curah hujan tidak cocok, serta lain sebagainya, jadi harus tanaman itu mesti dibongkar serta ditukar dengan tanaman buah-buahan lain yang lebih cocok dengan kondisi lingkungan.

Jika tanaman punya kita termasuk juga type yg tidak suka pada banyak air, umpamanya mangga, jambu biji, jambu monyet, jadi jalan yang perlu kita kerjakan yaitu mengadakan pembuangan air yang menggenanginya. Hal semacam ini dapat kita kerjakan dengan bikin saluran yang cukup dalam di sekitaran tanaman, hingga apabila turun hujan deras air tidaklah sampai digenangi.

Tanaman yang tumbuh sangat subur dengan daun-daun yang lebat serta rimbun baiknya selekasnya dipangkas serta dikurangi, terlebih ranting yang membalik ke arah batang, demikian halnya ranting yang tumbuh bersilangan. Sedang untuk kurangi kesuburannya, dapat kita kerjakan dengan jalan buang kulit batang selebar kurang lebih 1 cm di sekitar batang. Diluar itu ada langkah lain yang dapat kita kerjakan, yakni dengan memotong beberapa akar. Ujung-ujung akar dapat dipotong dengan memakai singkup atau cangkul. Yang perlu di perhatikan yaitu kalau akar-akar yang dipotong jangan pernah sangat banyak, lantaran di kuatirkan tanaman jadi bakal mati.

Untuk pangkal bawah yang kurang bagus, walau tanaman sudah tumbuh baik namun bagaimanapun juga tanaman itu tetaplah mesti dibongkar serta ditukar dengan type pohon yang lebih pas dan sesuai sama batang atas. Demikian halnya apabila tanaman diserang hama serta penyakit yang bisa mengakibatkan gugurnya bunga serta  buah. Permasalahan itu mesti selekasnya ditanggulangi dengan beragam langkah, seperti penyemprotan insektisida, penyuntikan, dsb.

Harus Tahu!,, Kenapa Tanaman Tidak Kunjung Berbuah dan Solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Konsultasi/ order / reseller WA/ TELP 082220443332Download