Ini Cara Alami Meredakan Sakit Pada Puting Saat Menyusui

meredakan sakit pada puting

Dapat memberi ASI eksklusif untuk bayi merupakan kebanggaan sendiri untuk setiap bunda. Dengan memberi ASI eksklusif, bunda sudah memberi nutrisi paling baik untuk buah hatinya. Tetapi menyusui ini tak gampang ya bund , terdapat banyak tantangan yang perlu dihadapi. Satu diantara keluhan yang kerap datang yaitu nipple atau puting susu yang sakit sesudah menyusui.

Ada banyak hal yang mengakibatkan puting susu menjadi sakit. Puting menjadi nyeri lantaran bayi yang menyedot sangat kencang, baju dalam yang sangat ketat, kulit kering serta pecah-pecah,lidah bayi yang kasar, atau mungkin saja terkena gigitan bayi. Rasa gatal, nyeri,bengkak merupakan gejala-gejala yang umumnya dirasa beberapa ibu menyusui. Nah, di bawah ini Kita bakal mencoba menghadirkan resep mudah mengurangi rasa sakit di puting yang dapat bunda lakukan.

Ambillah sebagian es batu serta bungkus dengan kain. Gosokkan pada puting yang merasa sakit. Hal inibakal mengurangi pembengkakan serta rasa nyeri.
Bunda dapat juga coba memoleskan minyak kelapa serta memijat puting yang sakit dengan lembut. Hal ini bakal melembabkan daerah yang sakit. Kemudian diamkan sebentar selama lebih kurang 15 menit. Janganlah lupa untuk membersihkan bekas minyak pada puting dengan bersih sebelumnya menyusui kembali.
Mengompres dengan air hangat dapat juga mengurangi rasa sakit di puting. Bunda dapat mempelkan kompres hangat pada puting selama 2-3 menit. Kerjakan treatment ini sekurang-kurangnya 15 menit sebelumnya menyusui kembali.
Sebelumnya menyusui bunda juga dianjurkan untuk memijat puting yang sakit dengan sedikit ASI. Sesudah menyusui juga kerjakan hal yang sama. Ulangilah proses ini 2-3 kali satu hari. ASI memiliki kandungan zat yang bakal mempercepat pengobatan serta meminimalisasi rasa nyeri.

Nah bund, itu tadi merupakan sebagian resepyang dapat bunda coba untuk mengurangi rasa sakit pada nipple waktu menyusui buah hati.Selama menyusui juga anda dianjurkan tidak menggunakan pakaian yang sangat ketat. Memperbanyak mengkonsumsi buah citrus serta sayuran hijau untuk recovery yang lebih cepat. Selamat mencoba ya bund, dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Konsultasi/ order / reseller WA/ TELP 082220443332Download