Kesempatan Emas Petani Tasikmalaya memproduksi Padi Organik

petani tasik

Padi organik dihasilkantanpa ada pupuk kimia menjadi satu diantara andalan petani di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Terlebih, sepanjang kurun waktu sepuluh th. terakhir, permintaan akan padi organik dari beberapa negara selalu berdatangan.

” Sejujurnya sampai kini petani di Kabupaten Tasikmalaya kewalahan dengan permintaan padi organik dari luar negeri. Masalahnya yaitu permintaan yang cukup besar, namun sawah di Kabupaten Tasikmalaya masihlah belum mencukupi, ” terang Bupati Uu Ruzhanul Ulum waktu memimpin langsung penanaman padi organik.

Sampai kini, lanjut Uu, pihaknya selalu menggenjot pembukaan lahan sawah baru untuk beberapa petani padi organik di wilayah Tasikmalaya. Usaha ini diharapkan dapat penuhi permintaan luar negeri akan padi organik seperti Negara  Jerman,Arab Saudi, Belanda, Jepang, bahkan juga Thailand yang sejatinya negara suplayer beras.

” Kita selalu perluas pembukaan tempat sawah baru di Kabupaten Tasikmalaya. Satu diantaranya sampai kini pembukaan tempat sawah baru bekerja sama dengan Kodam III Siliwangi, ” terang Uu.

Diluar itu, ia juga membidik daerahnya jadi salah satu lumbung pangan di Propinsi Jawa Barat. Terlebih, targetnya itu di dukung oleh sebagian besar masyarakat di wilayahnya yang didominasi petani.

” Kita juga membidik Kabupaten Tasikmalaya jadi salah satu lumbung pangan di Jawa Barat serta nasional, ” ungkap dia.

Di konfirmasi terpisah, Haji Aleng, wakil ketua Paduan Grup Tani (Gapoktan) Wangunsari, Cisayong, mengakui pihaknya selalu berusaha penuhi permintaan supply padi organik.

Sejauh ini, keinginan tidak cuma di pasar internasional saja. Pasar domestik juga mulai melirik padi organik yang umumnya di jual di pasar swalayan atau supermarket di Jawa Barat.

“Dahulu permintaan padi organik belum terlalu ramai di pasar lokal dikarenakan harganya yang lebih mahal dibandingkan dengan padi biasa. Namun saat ini pasar lokal mulai melirik, pasar lokal mulai meminta suply teratur untuk dijual kembali ke pasar modern dengan konsumen mereka kelompok menengah keatas ” tambah Uu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Konsultasi/ order / reseller WA/ TELP 082220443332Download