jangan mengukur kebahagiaanmu dengan kebahagiaan orang lain
jangan mengukur kebahagiaanmu dengan kebahagiaan orang lain

Tak akan pernah puas rasanya kita dalam menjalani hidup, Saat kita hanya terus – terusan membandingkan hidup kita dengan hidup orang lain yang terlihat bahagia dihadapan kita. Selalu saja terlihat ada orang yang lebih bahagia, selalu saja ada orang yang terlihat lebih beruntung. Mengukur kebahagiaan kita dengan kebahagiaan orang lain hanya akan membuat kita tidak pernah puas.

Namanya juga manusia, akan selalu ada yang membuat kita merasa nggak puas. Akan ada saja yang nggak sesuai dengan harapan kita. Lebih parah lagi, kita menjadi orang yang nggak bisa terima saat ada orang lain yang kelihatan lebih bahagia dari kita. Dunia rasanya kok nggak adil. Bahasa kasarnya iri.

Setiap orang punya cara tersendiri untuk bahagia. Bahkan orang juga bisa menciptakan sendiri kebahagiaan untuk dirinya sendiri dan orang disekitarnya. Cuma kita saja yang terlalu ikut campur dengan urusan orang lain. Ikut – ikutan panik dengan pencapaian kebahagiaan orang lain. Padahal, untuk menjadi bahagia, kita hanya perlu menciptakan kebahagiaan kita sendiri.

Kita malah akan merasa capek sendiri jika terus- terusan mengukur kebahagiaan kita dengan kebahagiaan orang lain. Padahal sering kita tidak tahu bahwa orang yang bahagia bukanlah orang yang punya segalanya melainkan orang yang pandai bersyukur atas apa yang dia miliki. Saat sudah pandai bersyukur dengan apa yang dia punya, maka kebahagiaan akan datang dengan sendirinya.

Hanya karena kamu belum punya mobil seperti tetanggamu, lantas kamu merasa tidak bahagia. Hanya karena tetanggamu bisa jalan – jalan keluar negeri sedangkan kamu sendiri masih berkutat dengan kegiatanmu sehari – hari, lantas kamu bersedih. Tidak perlu kita bersedih atau merasa kurang bahagia. Ingat, bahwa setiap orang punya cara tersendiri untuk bahagia dan kita juga tidak pernah tahu perjuangan apa yang sudah dia korbankan untuk mencapai kebahagiaan tersebut.

Yuk mulai sekarang  kita bahagia dengan apa yang kita punyai. Jangan lagi sibuk membandingkan kebahagiaan kita dengan kebahagiaan orang lain yang justru membuatmu makin rendah diri dan sakit hati. Jalani kehidupanmu dengan caramu yang membuatmu merasa nyaman. Kebahagiaan itu akan datang seiring kamu berusaha menciptakan kebahagiaan itu sendiri.

Renungan : Jangan Mengukur Kebahagiaanmu dengan Kehidupan Orang Lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Konsultasi/ order / reseller WA/ TELP 082220443332Download