teknologi menyimpan buah dan sayur

Buah serta sayur adalah komoditas yg tidak tahan lama. Usia simpan buah serta sayur terbatas lantaran gampang busuk. Butuh usaha ekstra untuk mendistribusikan buah serta sayur supaya dapat sampai ke tangan customer dalam kondisi yang baik.

Tetapi janganlah cemas, beberapa waktu terakhir Balai Besar Litbang Pascapanen Pertanian melaunching satu tehnologi untuk perpanjang usia taruh buah serta sayur. Tehnologi ini memakai nano zeolit sebagai bahan kemasan buah serta sayur supaya lebih tahan lama.

Berdasar pada riset, nano zeolit yang dipakai dalam paket sukses perpanjang usia simpan buah pisang sampai 30 hari, buah salak sampai 40 hari serta cabe merah sampai 30 hari pada suhu 12-14°C.

Bagaimana caranya kerjanya?

Nano zeolit bertindak sebagai zat yang menyerap gas etilen. Gas etilen sendiri di keluarkan oleh buah serta sayur dalam sistem pematangan. Gas ini sekaligus akan mempercepat sistem pematangan buah yang lain. Jadi, lingkungan yang penuh dengan etilen bakal mempercepat sistem pematangan buah.

Nano zeolit diprediksikan cukup murah untuk di produksi dengan cara masal. Lantaran bahan dasarnya, yakni zeolit banyak diketemukan di Indonesia. Zeolit paling baik banyak ditambang di daerah Lampung, Banten, Malang serta Tasikmalaya. Sekarang ini harga zeolit cuma berikisar 500 rupiah per kg.

Zeolit memanglah telah lama di ketahui dapat menyerap gas etilen. Nanoteknologi sangat mungkin zeolit untuk di buat berbentuk kemasan. Diluar itu, dengan nanoteknologi dampak penyerapan etilen oleh zeolit jadi berlipat. Hingga nano zeolit dipercaya lebih efesien di banding dengan zat penyerap etilen lain yang ada di market sekarang ini.

Efesiensi nano zeolit ini lantaran partikel zeolit berupa partikel yang memiliki ukuran begitu kecil. Ukuran partikel kecil bikin luas permukaan zeolit makin besar. Hingga ruang persentuhan zeolit dengan gas etilen makin luas yang selanjutnya dapat menyerap etilen dengan lebih cepat.

Karenanya ada tehnologi ini, pihak Balai mengharapkan dapat menolong turunkan kehilangan (loss) yang disebabkan oleh pembusukan buah serta sayur waktu distribusi. Tehnologi ini cukup simpel serta dapat di produksi dengan murah. Bakal begitu menolong terlebih dalam perdagangan antar pulau atau ekspor.

Teknologi Terbaru : Membuat Buah dan Sayur Lebih Tahan Lama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Konsultasi/ order / reseller WA/ TELP 082220443332Download