minum obat

Demam, flu dan batuk merupakan penyakit yang sering dihadapi oleh anak – anak. Dan sebagai orang tua kita sering ragu untuk memberikan obat untuk membantu penyembuhannya. Oleh karena itu, sebagai orang tua kita harus membawanya ke ahli medis/ memberikan obat herbal yang sesuai dengan kondisi si anak. Namun, ada kendala lagi yang harus dihadapi orang tua, karena tidak semua anak mau meminum obat, bahkan ada anak yang benar – benar susah untuk meminum obat.

Berikut ini adalah tips bagaimana mudahnya memberika obat pada anak – anak :

  1. Pastikan jika anak dalam kondisi berdiri atau duduk dengan sudut 45 derajat waktu meminum obat untuk mengurangi resiko tersedak.
  2. Obat puyer dapat dipilih untuk bayi atau balita supaya memudahkan dalam pemberiannya walaupun ada tindakan penolakan dari si anak.
  3. Setelah memberikan obat, anda dapat memberikan makanan kesukaan dari si anak, misalnya buah apel, puding, agar dan lain – lain (untuk anak yang sudah mendapatkan MP-ASI)
  4. Campurkan obat dengan sirup rasa yang biasa dijual di apotik/ jus untuk mengurangi rasa pahitnya
  5. Gunakan sendok yang sudah disediakan dalam kemasan untuk memudahkan pemberian obat dibandingkan dengan sendok makan yang anda milik.
  6. Jangan biarkan anak anda bermain –main dengan obat tanpa pengawasan anda.
  7. Jangan memarahi atau menghukum anak anda jika tidak mau meminum obat, karena memang kebanyakan obat rasanya pahit dan itu tidak disukai oleh anak – anak, dan berikan pujian kepada anak jika sudah berhasil meminum obatnya.

Tips untuk memberikan obat sesuai umur :

  1. bayi

Pengang bayi anda pada sudut 45 derajat, tangan bayi ketakkan ke bawah dan kepala menghadap ke atas. Gunakan pipet atau puting dari botol untuk meminumkan obatnya. Teteskan obat di sampin lidah dan hindari mengosongkan pipet di dalam kanton pipi si anak karena jika mengosongkan pipet ke dalam kantong pipi si anak, kemungkinan obat anak segera dimuntahkan. Hindari juga menyemprotkan obat langsung ke tenggorokannya karena dapat membuat bayi jadi tersedak. Selanjutnya berikan bayi jus/ minuman manis untuk bayi diatas 6 bulan.

  1. balita dan anak prasekolah

Anak pada usia 1-4 tahun merupakan usia yang sering menolak obat. Anak pada usia ini memiliki perasa yang kuat tentang makanan dan minuman yang dia makan/ minum. Cara yang dapat dilakukan supaya anak mau meminum obatnya adalah sediakan makanan favorit anak dan gunakan makanan itu sebagai campuran dalam meminum obat agar dapat mengurangi rasa pahit dalam obat namun pastikan anak untuk memakan / menimum semua makanan atau minuma yang telah dicampur dengan obat tersebut.

Hindari penggunaan susu dalam meminum obat, karena kandungan susu akan menghambat beberapa komponen di dalam obat.Jadi anak baru dapat menimum obat setelah 4 jam.

 

Tips Mudah dan Menyenangkan Membuat Anak Mau Minum Obat

Tagged on:             

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 
Konsultasi/ order / reseller WA/ TELP 082220443332Download